Cerita Era Pandemi



BERIKHTIAR MENGUBAH QIF-19
“MUSIBAH MENJADI ANUGERAH”
Oleh: Mursiyahtun Yulianingsih, S.Pd
Guru SMPN 3 Parungpanjang
BOGOR JAWA BARAT

1.      Perkembangan QIF-19
Adanya wabah penyakit yang mendunia ( PANDEMI ) yaitu “COVID-19” ada juga yang menyebutnya dengan “QIF-19”. Awalnya hanya mendengar dan melihat berita yaitu dari Wuhan di China.
Kompas.com, Pemerintah China melakukan penelusuran kasus pertama yang terindentifikasi positif terpapar virus corona baru atau 2019-nCoV hingga beberapa waktu sebelum kasus terkonfirmasi atau hingga 17 Nopember 2019. Dokter China baru menyadari bahwa mereka tengah menghadapi penyakit baru pada akhir Desember 2019.
Para ilmuwan telah mencoba memetakkan pola penularan awal covid-19 sejak epidemi dilaporkan di kota Wuhan pertengahan Januari 2020. Saat itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa wabah virus corona telah menjadi pandemi global.
Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi 238 mahasiswa Indonesia dari Wuhan, China pusat penyebaran virus corona. Namun mereka dipulangkan ke rumah masing-masing tanpa menjalani pemeriksaan virus corona. Alasannya karena alat tes yang mahal. Para WNI yang telah dievakuasi dari Wuhan menjalani karantina di Natuna selama dua pekan. Terjadilah prokontra masyarakat setempat dalam menerima hal itu.
Liputan 6.com Jakarta tertanggal 20 Maret 2020 - Infeksi virus corona di seluruh dunia yang terjangkit 160 negara telah mencapai 244.421 kasus dan ada 86.025 yang telah dinyatakan sembuh.
CNN Indonesia (2 Maret 2020)—Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengataka dua warga negara Indonesia  dinyataka positif virus corona. Jokowi menjelaskan virus corona yang menyebar di Indonesia itu terungkap setelah ada laporan dua WNI menjalin kontak dengan seorang warga negara Jepang yang positif corona. Kedua WNI itu merupaka seorang Ibu berusia 64 tahun dan anak perempuannya yang berusia 31 tahun. Keduanya merupakan warga Depok, Jawa Barat. Sementara WN Jepang tersebut merupakan teman dekat anak perempuannya. Ini sebagai awal diketahui masuknya virus corona di Indonesia.
Virus corona terus meluas di Indonesia. Kompas.com 17 April 2020, data terkini di Indonesia positiv virus corona terkonfirmasi 5.923 + 407 kasus, 4.796 dirawat, 520 meninggal, 607 sembuh. Untuk wilayah Jawa Barat terkonfirmasi 632, meninggal 56, sembuh 41. Untuk Kabupaten Bogor positif 56, 4 sembuh dan 5 meninggal dan untuk kecamatan Parungpanjang positif 3, 1 meninggal dan 2 dalam perawatan. Salah satu dari positif corona adalah supir ambulan puskesman Parungpanjang. Radarbogor.id, Pasca supir ambulan positif covid-19 semua pelayanan dan aktifitas lain, mulai hari Senin, 13 April 2020 puskesmas Parungpanjang ditutup sementara sampai 14 hari kedepan, dan sebanyak 50 stafnya juga harus dirumahkan karena ada yang berstatus ODP.

2.     Home Learning dan Work From Home
Situasi duania WHO telah mengumumkan tentang pandemi virus covid-19 di seluruh dunia. Presiden Indonesia Joko Widodo dalam pidatonya menginstruksikan untuk masyarakat Indonesia mengurangi kegiatan di luar rumah yang tidak penting. Termasuk menerapkan sistem kerja work from home dan sekolah serta kuliah secara online.
Untuk itu pemerintah kabupaten Bogor dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap resiko penularan infeksi Corona Virus Disease ( COVID-19) memberlakukan pembelajaran dirumah  ( home leraning ) dan bagi gurunya bekerja dari rumah ( work from home)

3.     Stay at Home
Stay at home atau harus tetap dirumah merupakan antisipasi pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona. Perintah yang mengharuskan setiap orang untuk tidak keluar rumah demi keselamatan dan kesehatan orang tersebut.
Banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat stay at home diberlakukan, diantaranya :
a.       Mengajar dengan jarak jauh (daring atau online).
b.      Mengikuti pelatihan online (e-guru.id)
Pelatihan yang saya ikuti Maret- Mei 2020 yaitu pelatihan pembuatan blog pembelajaran, pelatihan google classroom, pelatihan pembuatan video profesional dengan HP, pelatihan pembuatan RPP 1 lembar.
c.       Mengikuti seminar online (e-guru.id)
Seminar yang saya ikuti selama Maret – April 2020 yaitu :  Cara mudah membuat media pembelajaran berbasis android tanpa koding, tips dan trik pembelajaran online yang efektif dan efisien,  digitalisasi kelas.
d.      Menulis buku.
Buku yang saya tulis adalah Trilogi Antologi Penanda Sejarah, yang diterbitkan oleh Delta Pustaka.
e.       Membuat soal penilaian  online dengan google forms.
f.        Mengawas Ujian Sekolah melalui wa grup kelas
g.       Mendampingi anak belajar dirumah.
h.      Mendengarkan ceramah agama di youtube via TV
i.        Melaksanakan ibadah. ( Sholat, berdoa,  baca/menghafal Al Quran, Dzikir pagi dan petang)
j.        Olahraga kecil di depan rumah (sehabis sholat Subuh dan berjemur bersama cucu sekitar pukul 08.00)
k.      Bersantai (ngobrol), bercanda bersama keluarga
l.        Mengerjakan pekerjaan rumah tangga ( bersih-bersih rumah, memasak, mencuci dan lain-lain)
m.    Bermedsos dan berkomunikasi dengan keluarga/teman yang jauh via HP

4.     Anugerah disaat QIF-19
Keluarga yang jarang sekali bisa kumpul dari mulai anak pertama  masuk pondok pesantren tahun 2010, disusul anak kedua dan anak ketiga juga masuk pondok pesantren. Kesempatan untuk berkumpul sangat sulit. Apalagi saat anak pertama mulai kuliah. Waktu liburnya berbeda. Sehingga orang mengira hanya mempunyai satu anak yaitu anak yang paling kecil (ke empat). Biasanya hanya moment libur Idul Fitri Keluarga bisa kumpul.
Saat sekarang saat QIF-19 merupakan anugerah tersendiri bagi keluarga. Anak pertama yang sedang koas dengan berpindah-pindah rumah sakit dan wilayah, yang jarang bisa pulang dengan diberlakukan home leraning yaitu koas online dari rumah, sehingga bisa pulang berkumpul bersama keluarga.
Terutama bagi istrinya, yang sedang mengandung menunggu hari kelahirannya, ingin rasanya sang suami di dekatnya. Koas online mulai 16-29 Maret 2020, diperpanjang hingga 29 Mei 2020. Alhamdulillah lahir cucu pertama pada tanggal 21 Maret 2020, dengan lancar dan normal, serta didampingi oleh sang ayahnya. Dengan diberi nama “Veila Azkia Ficha” artinya wanita sholihah yang pandai menjaga diri, cerdas dan dermawan. Barokallah….

           





Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEGIATAN SEKOLAHKU

CARA PRAKTIS MENULIS BUKU